APAMSI

Monday
Jul 23rd
Text size
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita APAMSI

APAMSI

Pendalaman Materi PLTS bagi Para Engineer APAMSI

Pendalaman Materi PLTS bagi Para Engineer APAMSI

oleh Dr. Wuthipong Suponthana

Jumat 27 Januari 2012.  Jakarta dan sekitarnya tidak seperti biasanya. Ada yang heboh hari ini. Terjadi kemacetan luar biasa dimana-mana.
Ternyata pada hari itu terjadi demo buruh besar-besaran di bekasi dan sekitarnya. Mereka menuntut kenaikan upah regional. Suatu hal yang wajar bagi memperjuangkan nasib buruh. Solusi win-win antara buruh, pengusaha dan penguasa perlu dikedepankan.

Di waktu yang sama Bertempat di Kantor Wika Intrade Energi di bilangan Cawang. Gedung Brantas Lantai dua. Salah satu dari enam anggota APAMSI. APAMSI menggelar hajatan peningkatan kualitas SDM dengan menggelar one long day business workshop. Diikuti oleh 23 orang electrical engineer dari perusahaan anggota APAMSI juga merupakan hari istimewa.

Salah satu agenda penting adalah pelatihan dan pendalaman materi teknis PLTS Komunal. Mereka mendapatkan pelatihan teknis PLTS komunal yang lagi marak di Tanah Air. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan lanjutan kepada para engineer anggota APamsi dalam merencanakan suatu Pembangkit Listrik Tenaga Surya skala besar.

Yang lebih hebatnya lagi, materi ini diberikan oleh Dr. Wuthipong Suponthana. Seorang PhD yang spesialis di bidang Renewable Energy ini mampu menyampaikan materi dengan sangat cerdas. Sederhana, praktis, mudah ditangkap dan menunjukkan sekali beliau adalah seorang praktisi disamping sebagai “guru” di bidang PLTS. Rekam jejaknya yang sangat panjang di renewable energi ini sangat membantu para engineer dalam melakukan rekayasa pembangkitan energi surya. Pengalaman dari praktek dan kematangan teori beliau tidak diragukan lagi.

Pengetahuan tentang panel surya, baterai, solar charge controller, Bi-Directional Inverter, remote monitoring system untuk PLTS stand alone maupun grid connected dikupas dan dibahas secara lengkap dan mendalam. Tampaknya para peserta sangat antusias dengan munculnya tanya jawab yang menarik. Pelatihan menjadi lebih hidup dan tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB. Memang mulainya sudah agak terlambat. Jam 15.30 dimulai diselingi dengan beberapa break-break kecil untuk sholat dan ngopi.

Salah seorang peserta yang antusias nyeletuk, kalau ada lagi bahan yang lain aku mau sampai tengah malam nggak apa-apa. Kapan lagi ada sekolah bagus seperti ini? hehehehe.... Iya betul sahut yang lain. Lagian ngapain buru-buru pulang toch di luar juga masih macet.

Kop Kun Kap Mr. Wuthipong Suponthana, terima kasih kepada rekan-rekan di Wika yang telah menyediakan tempat dan akomodasi. Terima kasih bu Emma, Terima kasih semuanya yang telah turut serta menyukseskan acara ini. 

Hidup APAMSI.

redaksi.

Last Updated ( Friday, 09 March 2012 02:46 )

 

ASOSIASI PABRIKAN MODUL SURYA INDONESIA

ASOSIASI PABRIKAN MODUL SURYA INDONESIA

PABRIKAN MODUL SURYA adalah suatu rangkaian kegiatan proses produksi yang meliputi antara lain; rancang bangun, produksi, pengendalian kualitas, dan jaminan purna jual yang mengubah sekumpulan bahan baku menjadi barang jadi berupa MODUL SURYA berstandard Indonesia.

 

Last Updated ( Friday, 29 October 2010 04:17 )

Read more...

Place Your Ads Here

Sample image

Pasang Iklan Anda disini. Sample Link

Place Your Ads Here

Pasang iklan anda disini?
Bila anda menjual produk-produk modul surya silahkan pasang iklan Anda di tempat kami.

Hot topic

 

Obama Pasang Panel Surya di Gedung Putih

"Memasang panel surya di atap gedung penting yang menjadi ikon AS merupakan penyampaian pe...

 

Pesawat Tenaga Surya Bisa Terbang Malam Hari?

Sebaliknya, proyek ini dirancang untuk menguji dan mempromosikan teknologi baru yang hemat...

 

Singapura Kembangkan Industri Energi Tenaga Surya

Para pelaku industri dan teknologi akan berbagi informasi. Para delegasi juga akan mendap...

 

Listrik Masih Ditunggu

  BATAM, KOMPAS - Saat PT PLN menggelar program Gerakan Sejuta Sambungan se-Indonesia p...

 

400 Pulau Belum Teraliri Listrik

AMBON, KOMPAS - Sebanyak 400 dari 440 pulau berpenghuni di Provinsi Maluku dan Maluku U...